BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Selasa, 26 Juni 2012

Dampak Negatif GADGET

 Berikut dampak negatif gadget secara umum:

  • Menyebabkan ketergantungan: Gadget yang sebagian besar berukuran kecil memungkinkan pengguna membawanya kemana pun pergi. Bisa dibayangkan jika satu hari saja berpisah dengan gadget, pasti ada perasaan mengganjal, kehilangan, stress, depresi, hingga tidak bisa melakukan aktivitas apapun.
  • Mengakibatkan lupa waktu: Seseorang yang keasyikan bermain video game, online, BBM-am, chatting, YM-an, streaming youtube dan lainnya bisa berjam-jam tidak berhenti. Hal ini juga bisa menyebabkan kurangnya waktu tidur, belajar, pekerjaan, dan lain sebagainya. 
  • Mengganggu kesehatan: Ahli Toksikologi peraih Nobel, Devra Davis, pada bukunya "Disconnected" mengungkapkan, terdapat lima peralatan elektronik (gadget) yang berpengaruh buruk bagi kesehatan manusia. Berikut diantaranya:
  1. Handphone (Smartphone): Menggunakan HP terus-menerus dapat merusak pertumbuhan sel otak pada anak dan menyebabkan tumor otak bagi orang dewasa. Menurut beberapa peneliti yang paling mencengangkan yaitu, HP dapat mengancam populasi manusia. Penelitian menunjukkan, penggunaan HP 4 jam/hari dapat mengurangi jumlah sperma.
  2. Laptop (PC): Masalah yang kerap terjadi bagi pengguna laptop selama berjam-jam adalah sakit mata dan kepala karena radiasi layar. Selain itu, laptop yang diletakkan di pangkuan dapat membakar paha, karen panas yang keluar dari laptop tersebut. Sampai saat ini, kasus terparah yang pernah terjadi adalah kanker kulit.
  3. iPod: Mendengarkan musik dengan iPod selama 1 jam secara terus-menerus dapat mengganggu pendengaran. bahkan, dalam kasus yang terparah dapat menjadikan seseorang tuli.
Sumber: Majalah OASE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar